Hacker Dan Cracker

28 11 2010

Dewasa ini semakin banyak orang yang mengira/beranggapan bahwa “Hacker” dan “Cracker” adalah satu profesi yang sama. Faktanya kedua profesi itu sangat berbeda, mari kita lihat dimana letak perbedaannya:

Pertama, mari kita mengenal penggolongan dari hacker dan cracker:

Penggolongan Hacker dan Cracker
- Recreational Hackers, kejahatan yang dilakukan oleh netter tingkat pemula untuk sekedar mencoba kekurang handalan sistem sekuritas suatu perusahaan.
- Crackers/Criminal Minded hackers, pelaku memiliki motivasi untuk mendapat keuntungan finansial, sabotase dan pengerusakan data. Tipe kejahatan ini dapat dilakukan dengan bantuan orang dalam.
- Political Hackers, aktifis politis (hacktivist) melakukan pengrusakan terhadap ratusan situs web untuk mengkampanyekan programnya, bahkan tidak jarang dipergunakan untuk menempelkan pesan untuk mendiskreditkan lawannya.

Sekarang mari kita lihat pengaruh mereka dalam beberapa aspek:

1.      Aspek Pendidikan: Sudah merupakan suatu kode etik bagi seorang Hacker untuk membagi hasil penelitiannya dengan cara menulis kode yang “Open-Source” dan member fasilitas untuk mengakases informasi tersebut.

2.      Aspek Hukum: Karakteristik aktivitas di internet yang bersifat lintas – batas, sehingga tidak lagi tunduk pada batasan – batasan territorial.

3.      Aspek Sosial Budaya: Masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan kartu kredit yang dikeluarkan oleh perbankan Indonesia, akibat adanya kasus Credit Card Fraud yang dilakukan oleh netter Indonesia ini adalah dampak dari Cyber Crime.

Nah, sekarang kita sudah dapat membedakan siapa itu “Hacker” dan “Cracker” bukan? Untuk lebih jelasnya saya akan jabarkan secara sederhana:

Seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah system operasi dan kode pengamanan computer lainnya tetapi tidak melakukan tindakan pengrusakan apapun, tidak mencuri uang atatu informasi. Pernyataan diatas adalah sebutan untuk seorang: Hacker

Sementara Seseorang yang memiliki kemampuan IT dan memiliki ketertarikan untuk mencuri infromasi, menciptakan kerusakan dan tindakan lain yang dapat merugikan orang lain dikenal dengan istilah : Cracker

Bagaimana sekarang, apakah Anda masih bingung mengenai siapa itu “Hacker Dan Cracker” ?

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: